Mengenai Saya

Foto saya
Hanya orang biasa yang ingin menulis blog πŸ“–πŸ“πŸ˜‚

Minggu, 27 September 2015

WSN (WIRELESS SENSOR NETWORK)


Pengertian WSN (Wireless Sensor Network)
WSN ( Wireless Sensor Network) merupakan salah satu jenis jaringan wireless atau nirkabel yang memanfaatkan teknologi  sistem benam (Embedded System ) dan seperangkat node sensor untuk melakukan proses sensor, monitoring, pengiriman data, daan penyajian informasi ke pengguna , melalui komunikasi di internet.

Komponen WSN (Wireless Sensor Network)
WSN (Wireless Sensor Network) memiliki tiga komponen yaitu:
1.      Node Sensor
Node sensor berfungsi sebagai node yang melakukan proses terhadap lingkungan untuk memperoleh sejumlah data dankemudian dikirimke sever secara online melalui internet.
2.      Node Gateway
Node gateway atau sink node merupakan node yang bertindak mengakses keluar masuk (Gateway) paket data yang dikirim oleh node sensor dan diterima oleh server.
3.      Node Router
Node router bertindak sebagai meneruskan dan menentukan rute pengiriman paket data untuk dari sumber data (pengirim) ke tujuan (penerima).

Ciri WSN (Wireless Sensor Network)
Adapun enam ciri dari WSN (Wireless Sensor Network) yang dapat kita ketahui:
·         Terdapat minimal dua buah sensor node.
Ciri ini bersifat otonomi ( tidak tergantung terhadap server) dan dapat melayani dirinya sendiri serta dapat melayani node sensor lainnya.
·         Self Organizing Network (SON)
Ciri ini memiliki kemampuan cerdas dalam bentuk implementasi kecerdasan buatan (Artificial Inteligence) yang terdiri dari sejumlah node sensor, dan dapat mengoptimisasi terhadap jaringan komputer yang ditempatinya.
·         Self Network Maintenance ( SNM)
Ciri ini memiliki kemampuan untuk melakukan perawatan dan perbaikan jaringan komputer yang ditempatinya oleh node sensor secara mandiri atau otonomi.
·         Multi Hop Routing
Ciri ini memiliki kemampuan  untuk menggunakan Multi Hop Routing antar node sensor didalam pengiriman paket data dari node sensor  asal ke node sensor tujuan.
·         Kemampuan Jarak Pendek
Ciri ini memiliki kemampuan komunikasi anatara node sensor yang dilakukan dalam jarak yang relatif pendek yang disebakan karena perangkat komputer yang digunkan kecil serta memliki keterbatasan  sumber daya energy didalamnya.
·         Bersifat Broadcast
Ciri ini bersifat adanya proses pengiriman paket data yang bersifat broadcast atau yang bersifat secara langsung dan terus menerus.

Teknologi Pendukung WSN (Wireless Sensor Network)
ΓΌ  PAN ( Personal Area Netwok)
PAN merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang dikhusukan untuk menghubungkan komputer dengan perangakat yang memiliki kemampuan koneksi lainnya dengan jarak relative pendek.
ΓΌ  Zigbee
Zigbee merupakan teknologi dan protokol di jaringan komputer khususnya wireless network yang menghubungkan semua perangkat dengan cepat dan memilik daya tampung yang banyak.

ΓΌ  Bluetooth
Bluetooth merupakan teknologi yang memiliki koneksi yanh baik untuk mengirim, menerima dan berbagi file dari komputer dan smartphone.

.
IMPLEMENTASI WSN (Wireless Sensor Network)
Implentasi dari WSN dapat digunakan dalam berbagai hal diantaranya:
·         Bidang Militer
WSN dalam bidang militer digunakan untuk memantau musuh dan melindungi wilayah perbatasan serta memantau kegiatan-kegiatan militer dan pasukan, dan digunakan untuk mendeteksi serangan musuh baik dari darat, laut, maupun udara).
·         Bidang Pertanian
WSN dalam bida pertanian digunakan untuk pemantauan kondisi air pertanian dan proses irigasi.
·         Bidang Kesehatan
WSN dalam bidang kesehatan digunakan untuk WSN Structural Healting Monitoring.
·         Bidang Pendidikan
WSN dalam bidang pendidikan digunakan untuk mobil learning.
·         Bidang Transportasi

WSN dalam bidang transportasi digunakan untuk melakukan pembayaran tol secara elektrik, manajemen arus lalu lintas pada kemacetan arus jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar